Polisi Berhasil Menangkap 900 Tersangka diduga Terlibat Perdagangan Orang

Polisi Berhasil Menangkap 900 Tersangka diduga Terlibat Perdagangan Orang

Jakarta | detik News Polisi berhasil menangkap ratusan tersangka terlibat dalam tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Penangkapan ini menjadi perbincangan utama dalam pertemuan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17.

Sebanyak hampir 900 tersangka berhasil diamankan, demikian diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan pada hari Minggu, tanggal 20 Agustus 2023.

Baca juga:  Sikapi Tegas Atas Dilaporkannya Diskominfo Kabupaten Bogor ke Kejati Jawa Barat, Rohmat Selamat : Segera Proses, Karena Semua Sama di Mata Hukum

Jumlah tersangka yang berhasil ditangkap ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tindakan penegakan hukum ini diambil sebagai tindak lanjut atas perintah Presiden Joko Widodo yang menekankan perlunya sikap tegas dalam menangani masalah perdagangan orang dan memastikan perlindungan hak-hak pekerja migran Indonesia.

“Dalam konteks ini, Presiden telah mengangkat isu TPPO yang kemudian kami respons dengan mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang sesuai,” terang Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Baca juga:  Penegak Hukum Berhasil Menangkap 12 Tersangka Pembakar Lahan di Kalimantan Tengah

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan bahwa masalah TPPO menjadi salah satu fokus perbincangan dalam AMMTC. Acara tersebut membahas sepuluh isu terkait kejahatan transnasional, termasuk di dalamnya isu TPPO. Pertemuan ini diadakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

“Ketuaan dalam pertemuan ini bergantian setiap sepuluh tahun. Kami sangat mengapresiasi kesempatan ini untuk memperkuat kerja sama baik dengan negara-negara anggota ASEAN maupun lembaga kepolisian di kawasan tersebut,” terang Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Baca juga:  Sehari Pasca Dilantik Sebagai Sekda Pemalang, Slamet Masduki Kena OTT KPK

Pertemuan AMMTC dijadwalkan berlangsung dari tanggal 20 Agustus hingga 23 Agustus 2023. Sepuluh menteri dari negara-negara anggota ASEAN akan mengambil bagian dalam kegiatan ini, menegaskan komitmen bersama dalam menangani masalah kejahatan lintas negara. (ah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *