Resmikan Manca Lebah 8, Ummy Etty : Mari Wujudkan Kota Depok Reading Society

Resmikan Manca Lebah 8, Ummy Etty : Mari Wujudkan Kota Depok Reading Society

Depok | detikNews – Hj.Etty Maryati Salim (Ummy Etty) istri dari Wakil Walikota Depok Ir.H.Imam Budi Hartono (IBH) menyebut, bahwa di tengah gempuran ‘Era Digitalisasi’ yang kian tidak terbendung, maka aktivitas membaca buku terhadap anak – anak menjadi sangat penting untuk diperjuangkan, agar anak – anak mampu memahami realitas secara lebih baik menuju kehidupan masyarakat yang literat.

Hal tersebut disampaikan Ummy Etty usai membuka langsung Taman Baca (Manca) Lebah di RW8, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, yang turut dihadiri oleh Lurah Cilodong Harry Wibowo Dwinanto.SE, Ibu Lurah Cilodong Wuri Ari Wijiarti.SE, Ketua Pokja 2 Yeti Hariyati, Ketua Pembina Taman Baca Hj. Nunung Nurhayati S.Pd dan Enny Sufiani, Ketua Taman Baca Sofi, Ketua RW 08 Sutardi, Ketua RT 01 Sayfulloh, Kepala Sekolah Pos PAUD RW8 Sutirahayu S.Pd.

“Hari ini, suka tidak suka, anak – anak kita kian jauh dari buku bacaan. Mungkin akibat pengaruh gawai atau Media Sosial (Medsos), sehingga membuat mereka merasa lebih asyik dengan tontonan dan eksistensinya. Bahkan tidak sedikit anak – anak, yang lebih senang bermain game online, atau asyik sendiri dengan gawai atau laptopnya”, terang Ummy Etty, Minggu 5/3/2023.

Baca juga:  Kecamatan Cilodong Buat Perjanjian Kesepakatan Zero Stunting

“Untuk itu, kami mewakili Perintah Kota (Pemkot) Depok mengucapkan rasa syukur yang sedalam – dalamnya, serta memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada para jajaran pengelola Taman Baca (Manca) Lebah RW8, yang telah mendukung pemerintah dalam mewujudkan generasi masa depan Kota Depok yang cerdas. Kami harapkan Manca Lebah 08 bisa menjadi pusat sumber ilmu yang memiliki peran strategis untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki minat dan berbudaya baca (Reading Society)”, ungkapnya.

Istri Wakil Walikota Depok ini menyebut, bahwa banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak sudah mulai gemar membaca buku. Berbeda dengan membaca buku sendirian di rumah, dan di Manca Lebah 08 ini anak – anak pun dapat berinteraksi sosial, sekaligus ber-aktualisasi diri atas potensi dan minat bakatnya.

Baca juga:  Penangkapan Terhadap 21 Tersangka yang Diduga Terlibat dalam Peredaran Narkotika di Wilayah Bogor

“Minat baca di Indonesia termasuk dalam kategori rendah terutama pada anak – anak, dan Taman Baca (Manca) ini merupakan salah satu alternatif sebagai pusat belajar dalam rangka meningkatkan minat membaca anak – anak yang merupakan program dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat (Ditbindikmas), Direktorat Jenderal pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Dirjend PAUDNI), dan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan RI”, terang Ummy Etty.

“Setidaknya, ada 7 (Tujuh) manfaat saat anak – anak sudah mulai senang membaca buku di Manca 08 nantinya yakni : Pertama, Memperkaya ilmu dan pengetahuan yang dapat memperkaya wawasan keilmuan anak-anak. Kedua, Mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak akibat adanya rasa ingin tahu yang lebih tinggi melalui buku bacaan. Keempat, Menambah rasa percaya diri anak untuk berinteraksi dengan rekan sebayanya. Kelima, Meningkatkan perilaku membaca secara nyata karena sering datang ke taman bacaan sekaligus untuk mengisi waktu luang. Keenam, Menambah kosakata baru yang berguna untuk keterampilan berbahasa dan komunikasi anak. Ketujuh, Meningkatkan keterampilan komunikasi anak karena di taman bacaan terjadi interaksi dan obrolan selama membaca buku”, tandasnya.

Baca juga:  LPM Jatimulya Rencanakan Cilodong Bakal Punya Arena Wisata Arung Jeram

Ummy Etty menambahkan, bahwa Literasi merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan bentuk literasi yang paling umum kita kenal adalah literasi dasar yang berkaitan dengan membaca dan menulis.

“Membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi tuntutan. Salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu : dengan mendorong tumbuhnya minat belajar masyarakat, dan salah satu ciri terpenting dari masyarakat terpelajar adalah tingginya minat dan kegemaran membaca”, imbuhnya.

“Selamat dan sukses kepada Taman Baca (Manca) Lebah RW08, dan terimakasih banyak atas kerjasamanya dengan turut serta mencerdaskan kehidupan masyarakat khususnya di wilayah Kota Depok. Semoga generasi masa depan Kota Depok menjadi semakin Maju, Berbudaya, dan Sejahtera”, pungkas Ummy Etty.(Arifin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *