Kereen !! Mahasiswa Mubar Bakal Dapat Beasiswa Dari Pemda

Kereen !! Mahasiswa Mubar Bakal Dapat Beasiswa Dari Pemda

MUBAR | detikNews – Mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Muna Barat (Mubar) bakal mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah.

Pemda Mubar saat ini sudah merampungkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sebagai pedoman pemberian Beasiswa bagi Mahasiswa Mubar.

Pj Bupati Mubar Dr.Bahri mengatakan, bahwa terbentuknya Raperda merupakan tindak lanjut dari Perpres nomor 48 tahun 2008, tentang pendanaan pendidikan yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib menyediakan anggaran Beasiswa bagi masyarakatnya.

Baca juga:  Hadirkan Guru Tamu Program Link And Macth dari PT Wilmar, SMKN SPP Asahan Tingkatkan Kompetensi Siswa dan Guru Produktif

“Beasiswa itu ada dua bentuk, yakni : Beasiswa Prestasi dan Beasiswa bagi warga tidak mampu”, ucap Bahri, Selasa 14/2/2023.

Saat ini, lanjut Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri ini, Pemerintah Daerah Muna Barat telah menyiapkan bantuan Beasiswa Prestasi yang telah ditetapkan oleh Perkada berdasarkan pasal 29 ayat 3 Peraturan Presiden nomor 48 tahun 2008.

Baca juga:  Lakukan Kolaborasi Dengan Dinas Pendidikan, Rutan Kelas 1 Depok Gelar Program Kejar Paket A, B, dan C Bagi WBP

“Pemda membagi Perkada meliputi ketentuan umum, asas dan jenis, serta ada persyaratan penerima Beasiswa, pendanaan, dan pembinaan juga pengawasan”, jelasnya.

Lebih lanjut Bahri menambahkan, bahwa untuk persyaratan paling utama yaitu : memiliki KTP elektronik Kabupaten Muna Barat, tercatat sebagai Mahasiswa di PTN maupun PTS minimal akreditasi B pada jenjang S1 dan S2 yang ditandai dengan Kartu Tanda Mahasiswa, memiliki surat keterangan aktif kuliah, memiliki IPK yang saat ini disepakati terlebih dahulu minimal 3,75 sampai 4,00, serta tidak menerima Beasiswa lainnya atau sejenis.

Baca juga:  PT. Multimas Nabati Asahan Kuala Tanjung (PT. Wilmar Group) Tutup Program Guru Magang SMK Negeri 1 Air Putih

Kemudian, untuk Mahasiswa berprestasi bidang olahraga, seni, dan teknologi diwajibkan memiliki Sertifikat Penghargaan, dan pernah menjuarai event perlombaan minimal tingkat Kabupaten.

“Untuk persyaratan pada Beasiswa Akademik, akan kami rapatkan secara internal sebelum diuji publik”, pungkasnya.(Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *