Sebanyak 58 Peserta Ikuti Perlombaan MTQ dan Festival Seni Qasidah Tahun 2023 Tingkat Kelurahan Kisaran Naga

Sebanyak 58 Peserta Ikuti Perlombaan MTQ dan Festival Seni Qasidah Tahun 2023 Tingkat Kelurahan Kisaran Naga

Asahan (Sumut) | detik News – Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan melaksanakan perlombaan Musabaqah Tilatil Quran ( MTQ ) serta festival Seni Qasidah untuk tingkat kelurahan tahun 2023, Selasa ( 17/01/2023 ) pukul 10. 00 Wib dihalaman Masjid Al – Iklas Lingkungan I Kelurahan Kisaran Naga.

Lurah Kisaran Naga Sepria Yuliardi, S.STP dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan ini mampu menggugah dan menjadi daya tarik serta ruang tersendiri bagi kita semua, sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda kita untuk terus mempelajari dan memperdalam ilmu Al Quran.

Keterangan foto : Pawai ta'aruf pembukaan MTQ dan festival seni Qasidah Tingkat Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur. ( foto/Joko )
Keterangan foto : Pawai ta’aruf pembukaan MTQ dan festival seni Qasidah Tingkat Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur. ( foto/Joko )

Kemudian kegiatan ini juga nantinya agar dapat dijadikan sebagai momentum untuk memasyarakatkan nilai nilai Al Qur’an kepada masyarakat yang beragama Islam di Kelurahan Kisaran Naga ini. Kepada para peserta saya mengucapkan selamat berkompetisi, tunjukkan segenap kemampuan semaksimal mungkin sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Tak lupa dalam kesempatan ini atas nama Kelurahan Kisaran Naga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya serta penghargaan yang setinggi tingginya atas dedikasi seluruh tim dan kerjasama seluruh pihak yang terkait sehingga acara ini dapat terlaksana serta kepada Bapak Camat Kota Kisaran Timur yang telah membuka pelaksanaan MTQ dan festival Seni Qasidah tingkat Kelurahan Kisaran Naga tahun 2023, ujar Sepria Yuliardi.

Baca juga:  Pelaku Curanmor Tertangkap Warga di Babakan Madang Bogor

Sementara itu Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur Syaiful Pasaribu, S. AP, M. AP dalam sambutan dan arahannya mengatakan, pelaksanaan MTQ dan festival seni Qasidah ini merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten AsahanPemerintah Kabupaten Asahan sesuai dengan Visi dan Misinya masyarakat yang Religius, Berkarakter dan Sejahtera selanjutnya akan membentuk satu rumah tahfidz di 25 kecamatan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Asahan. Untuk selanjutnya nanti akan segera dibentuk juga majelis zikir sholawat untu 12 kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Kota Kisaran Timur, terang Syaiful.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc beserta Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin juga meminta agar di setiap kecamatan harus melakukan terobosan atau inovasi baik secara aplikasi ataupun manual tentang program ini. Dan Kecamatan Kota Kisaran Timur akan membuat inovasi tentang ” Ngobrolan Perkara Iman ” ( Ngopi ) dan direncanakan akan di resmikan oleh Bupati Asahan.

Baca juga:  Polisi Gerebek Diduga Markas Judi Online, di Sebuah Apartemen Kawasan Cengkareng Jakarta Barat

Terkait masalah keamanan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas ) diminta kepada para Lurah dan Kepala Lingkungan ( Kepling ) khusunya diwilayah Kecamatan Kota Kisaran Timur agar segera kembali mengaktifkan pos sistem keamanan lingkungan ( siskamling ). Hal ini sangat perlu dilaksanakan serta lebih efektif untuk bisa menekan terjadinya angka tindak kriminalitas terutama tindakan tawuran atau geng motor yang akhir akhir ini marak terjadi.

Keterangan foto : Camat Kota Kisaran Timur Syaiful Pasaribu, S.AP, M.AP didampingi Lurah Kisaran Naga Sepria Yuliardi,  S.STP / gambar check list. ( foto: Joko )
Keterangan foto : Camat Kota Kisaran Timur Syaiful Pasaribu, S.AP, M.AP didampingi Lurah Kisaran Naga Sepria Yuliardi, S.STP / gambar check list. ( foto: Joko )

Semoga dengan momentum pelaksanaan MTQ dan festival seni Qasidah ini diharapkan agar generasi muda para Khalifah Khalifah nantinya dapat mengharumkan nama agama Islam, tutup Syaiful Pasaribu sembari secara resmi membuka acara perlombaan MTQ serta festival seni Qasidah tingkat Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Baca juga:  Riset Pasar Mendalam Di Pariaman Ampuh

Adapun cabang atau golongan yang diperlombakan dalam MTQ dan festival seni Qasidah ini antara lain :

1.Tartil putra = 9 orang
2.Tartil putri = 19 orang
3.Tilawah anak putra = 1 orang
4.Tilawah anak putri = 4 orang
5.Tilawah remaja putra = 5 orang
6.Tilawah remaja putri = 2 orang
7.Tilawah dewasa putra =3 orang
8.Tilawah dewasa putri = 3 orang

Cabang hafalan Al Qur’an terdiri :

1. Hifzil 1 Juz putra = 4 orang
2. Hifzil 1 Juz putri = 3 orang
3. Hifzil 5 Juz putra = 3 orang
4. Hifzil 10 Juz putri = 2 orang

Total peserta = 58 orang

Sebelum acara perlombaan MTQ dan festival seni Qasidah dibuka, terlebih dahulu dilaksanakan pawai ta’aruf yang diikuti oleh seluruh peserta MTQ dan seni Qasidah, pelajar SMA, MAN, SD dan TK, para Kepling, Lurah, LPM, Ketua Imtag Kecamatan Kota Kisaran Timur, Ketua LPTQ, Ketua Lasqi se Kecamatan Kota Kisaran Timur serta undangan lainnya. ( Joko )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *