Kakanwil Kemenkumham Jabar Menghadiri Rapat Timpora di Depok, Menyepakati Rencana Kerja untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

Kakanwil Kemenkumham Jabar Menghadiri Rapat Timpora di Depok, Menyepakati Rencana Kerja untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

Depok | detikNews – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya, menghadiri rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Depok pada hari Senin, 6 Maret 2023.

Kedatangan Andika ke Depok merupakan bagian dari tugas dan fungsi keimigrasian melalui Pengawasan Orang Asing (PORA) wilayah Kota Depok.

Dalam kesempatan itu, Andika mengatakan, bahwa pengungsi atau Pencari Suaka telah menjadi isu global.

Baca juga:  Melacak Jaringan TPPO Ginjal: "Polisi Kejar Penghubung sampai ke Kamboja"

“Pengungsi atau Pencari Suaka, ini sudah banyak dibicarakan oleh masyarakat internasional dan membutuhkan perhatian khusus”, ujarnya.

Menurut Kakanwil, banyak pengungsi di Wilayah Indonesia, khususnya di Kota Depok, sering melakukan pelanggaran peraturan, mengganggu ketertiban umum, bahkan hingga bergesekan dengan masyarakat lokal.

Andika melaporkan, bahwa jumlah pengungsi dan Pencari Suaka yang tersebar di Kota Depok pada tahun 2023 mencapai sekitar 189 orang. Oleh karena itu, Kakanwil berharap kehadiran para pengungsi atau Pencari Suaka di wilayah Kota Depok dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.

Baca juga:  Badai dan Petir Kencang Mengguncang Mekkah, Arab Saudi: Tidak Ada WNI yang menjadi Korban

Lebih dari itu, Kakanwil Jabar berharap pelaksanaan rapat koordinasi Tim PORA wilayah Kota Depok, terhadap pengungsi asing di wilayah Kota Depok dapat berjalan dengan baik.

“Jangan sampai orang asing yang ada di wilayah Depok hanya membawa kemudharatan. Tetapi menjadi orang asing yang bermanfaat”, tandas nya.

Kakanwil Jabar mengajak semua pihak untuk bersinergi, berkolaborasi, dan bertukar informasi untuk melaksanakan Pengawasan Orang Asing di wilayah Kota Depok dengan baik dan akurat.

Baca juga:  Badai dan Petir Kencang Mengguncang Mekkah, Arab Saudi: Tidak Ada WNI yang menjadi Korban

Selain Andika, rapat tersebut juga dihadiri oleh Kadivmin Jabar Yayan Indriyana, dan Kakanim Kelas I Non TPI Depok Fahrul Novry Azman, serta beberapa tamu undangan lainnya, termasuk Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Depok Sri Utomo, Kepala BNNK Depok Kombes Pol.Heru Prasetyo, dan Kabid Tibum Sat Pol PP Depok Fahmi Ardian. (Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *