Tingkatkan Kompetensi Satlakar, Damkar Gelar Pelatihan 1005 Redkar se-Kota Depok

Tingkatkan Kompetensi Satlakar, Damkar Gelar Pelatihan 1005 Redkar se-Kota Depok

Depok | detikNews – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Satuan Tugas Relawan Kebakaran (Satlakar), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok kembali menggelar simulasi kebakaran, yang berlokasi di Pos Satlakar jalan Merdeka Raya, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (21/3/2023).

Pada rangkaian kegiatan tersebut, Nelson Da Silva Kabid Pencegahan dan Penyuluhan Masyarakat pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok mengatakan, dalam enam bulan sekali atau satu semester, pihaknya mengumpulkan Relawan Damkar (Redkar), untuk berkumpul dan melakukan kegiatan pelatihan.

Baca juga:  Diversifikasi Portofolio Produk Di Pariaman Bikin Penasaran

“Pelatihan ini sifatnya pemanasan, untuk mengingatkan kembali tugas dan fungsi sebagai Relawan”, ujarnya saat dikonfirmasi oleh detikNews.org.

Nelson menyebut, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, berjumlah 1005 Relawan yang berasal dari 63 Kelurahan dan 6 Relawan Pasar se-Kota Depok, dan semua yang hadir dalam rangka mengingatkan tugas dan fungsi, serta memberikan simulasi kepada anggota – anggota baru yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Bagi anggota baru, kami berikan pelatihan atau simulasi dengan teknik modern dan tradisional”, jelas Kabid.

Baca juga:  Breaking News: Transportasi Jakarta Tunjuk Kuncoro Wibowo Sebagai Dirut Baru

Lebih lanjut Nelson menerangkan, bahwa yang dimaksud dengan dua cara pemadaman adalah dengan cara modern dan tradisional. Saat simulasi dengan cara modern meliputi teknik pemadaman menggunakan alat – alat pemadam api ringan (Apar). Sedangkan cara simulasi pemadaman tradisional yaitu : menggunakan karung goni dan drum, yang selanjutnya drum diisi oleh air dan disiram minyak.

Untuk diketahui Relawan (Redkar-red) Kota Depok sering diundang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait jumlah terbanyak relawan se-Nasional, dan semua relawan berlegalitas Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Damkar,

Baca juga:  Aksi Nekat Remaja Bogor Hadang Sebuah Truk Berujung Maut

“Saya berharap dengan kegiatan simulasi ini, relawan lebih sigap lagi dan lebih dalam mengetahui tupoksi, meskipun relawan bukan petugas inti Damkar”, tandasnya.

Selain itu, Kabid Pencegahan dan Penyuluhan Masyarakat Dinas Damkar Kota Depok, dalam momen kegiatan simulasi pun memberikan apresiasi dengan memberikan Piala kepada 15 Satlakar terbaik yakni : Suharja dan Tim Kelurahan Sukamaju.(Fqh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *