Dampak Hujan Lebat: Wilayah Genteng Bogor Kembali Dilanda Tanah Longsor

Dampak Hujan Lebat: Wilayah Genteng Bogor Kembali Dilanda Tanah Longsor

Bogor | detikNews Bencana alam berupa tanah longsor melanda wilayah Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, dalam kejadian yang terjadi akibat hujan deras pada pukul 16.00 WIB. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas, mengungkapkan bahwa cuaca buruk ini menjadi pemicu terjadinya kejadian tersebut.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Theofilo Patrocinio, hujan deras dengan intensitas tinggi melanda wilayah ini dan mengakibatkan tanah longsor. Material longsoran yang terjadi menghantam beberapa rumah warga yang berada di jalur bawah tanah longsor. Akibatnya, bagian kamar dan dapur dari salah satu rumah mengalami kerusakan parah, bahkan mengakibatkan jebolnya sebagian rumah. Penghuni rumah tersebut, yang terdiri dari satu kepala keluarga dengan tiga anggota jiwa, terpaksa harus mengungsi sementara waktu untuk menjaga keselamatan mereka.

Baca juga:  Gubernur NTT Menghadiri Pentabisan Gereja Gmit Via Dolorosa Alak

Meskipun bencana ini mengakibatkan kerusakan fisik yang signifikan, Theofilo Patrocinio melaporkan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat peristiwa ini. Hal ini memberikan sedikit hembusan napas lega dalam situasi yang sulit ini.

Sementara itu, tim Tanggap Darurat Regional Centre for Disaster Preparedness (TRC-PB) dari BPBD Kota Bogor sudah bergerak cepat dengan mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penilaian lebih lanjut terkait tingkat keparahan bencana. Langkah assessment ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi, serta untuk menilai risiko lanjutan yang mungkin timbul akibat dampak tanah longsor ini.

Baca juga:  Dalam Rangka Harlah PPP, Pengurus AMK Bantul Kunjungi Panti Asuhan

Dari penilaian awal, diperlukan penanganan lebih lanjut untuk mencegah terjadinya kejadian serupa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, koordinasi dan kerja sama dari berbagai pihak terkait menjadi sangat penting guna memitigasi risiko bencana alam seperti tanah longsor ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *