Mukhlis Takabeya Terpilih Sebagai Ketua DKA Bireuen periode 2023-2028

Mukhlis Takabeya Terpilih Sebagai Ketua DKA Bireuen periode 2023-2028

Bireuen | detikNews – H. Mukhlis, A.Md, S.H atau dikenal dengan Mukhlis Takabeya terpilih secara aklamasi, sebagai Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Bireuen periode 2023-2028 melalui Musyawarah Daerah Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen ke IV Tahun 2023, pada Rabu 15/02/2023di Ruang Oproom Gedung Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen.

Pendaftaran Bakal Calon Ketua dibuka oleh panitia Musda sejak tanggal 13-15 Februari 2023, dan sampai acara dilaksanakan Rabu 15 Februari 2023, hanya muncul satu nama sehingga H. Mukhlis sebagai calon tunggal.

Menurut keterangan Ketua Panitia Pelaksana, Noviati Maulida Rahmah, Pendaftaran Bakal Calon Ketua telah dibuka oleh panitia m
Musda sejak tanggal 13-15 Februari 2023.

Selanjutnya, Rapat Pleno yang dipimpin Syeh Muliadi menyatakan, bahwa ada 4 tahapan yang harus kita lalui untuk mendapatkan Ketua terpilih, mulai dari rancangan tata tertib sampai pemilihan ketua.

“Setelah melewati Pleno H.Mukhlis mendapatkan 21 surat dukungan dari pemilik suara (Vooter) yaitu dari : 17 Kecamatan, 2 pengurus Demisioner, 1 Dinas Provinsi, dan 1 Dewan Pakar, dan dengan ini, Forum Sidang Pleno akhirnya sepakat memilih H. Mukhlis A.Md, S.H sebagai Ketua DKA periode 2023-2028 secara aklamasi”, ungkap Syeh Muliadi.

Baca juga:  Layanan Keuangan Terintegrasi Di Pariaman Milenial

Sementara untuk pengurus lengkap lainnya akan disusun oleh tim formatur yang telah dibentuk yang terdiri dari H. Mukhlis A.Md sebagai Ketua, dengan anggota Syeh Muliadi, Noviati Maulida Rahmah, Syeh Mirzal Tawi, dan Syeh Kasem paling lambat seminggu setelah pemilihan.

Sementara itu, Azhari Akbar M.Sn, Kepala Taman Seni dan Budaya Aceh yang mewakili Kepala Disporapar Aceh dalam kesempatan itu mengucapkan selamat atas capaian DKA Bireuen yang sangat luar biasa sehingga berhasil mengharumkan nama Bireuen dan Aceh sampai keluar negeri.

“Harapan saya supaya inovasi-inovasi program dan program-program yang sudah dilahirkan pada kepengurusan yang lalu, bisa dipertahankan dan kembangkan lagi”, ujarnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga, kepada pengurus periode lalu yang selama ini telah banyak berbuat untuk penguatan dan kemajuan DKA di Bireuen, khususnya dan Aceh umumnya”, ungkap Azhari.

Baca juga:  Mengerikan! Seorang Gadis 12 Tahun di Riau Diberi Minuman Keras dan Diperkosa oleh 6 Remaja

PJ Bupati Bireuen yang diwakili oleh Kepala Disporapar, Muhammad Al Muttaqin, M.Pd, mengataka, sangat mengapresiasi kemajuan DKA Bireuen selama dibawah pimpinan H.Mukhlis.

“Saya atas nama Kepala Dinas dan Pemerintah Kabupaten Bireuen menyampaikan perhargaan yang setinggi-tingginya kepada H.Mukhlis dan pengurus DKA yang telah mengangkat Khazanah Seni Budaya Bireuen yang luar biasa tidak hanya level lokal, nasional bahkan mengguncang dunia”, ucap Al Muttaqin.

Kemudian Ketua terpilih H Mukhlis, A.Md saat dimintai keterangan, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan teman-teman dan mengharapkan dukungan dari semua pihak, terutama dari pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sebenarnya saya sangat berat menerima amanah menjadi Ketua DKA Bireuen untuk periode yang kedua, apalagi tahun ini merupakan tahun politik, pastinya ada tudingan-tudingan yang kurang baik untuk saya”, tutupnya.

Pada kesempatan yang sama pula Syeh Saifuddin Sabon, salah satu Pakar Seni senior di Kabupaten Bireuen melihat, peran H Mukhlis dalam mengembangkan seni di Kabupaten Bireuen membangkitkan DKA Bireuen, mulai dari titik nadir terangkat ke puncak kegemilangan, yang mengharumkan nama Bireuen ke luar negeri. Bila ada yang mengkaitkan terpilihnya H Mukhlis A.Md dengan politik sungguh ini sangat tidak beralasan bagi kami penggiat seni.

Baca juga:  Bisnis Berkelanjutan Sukses Di Pariaman Cemerlang

“Kalo dikait-kaitkan dengan politik itu sudah biasa, karena politik itu semenjak kita lahir sudah ada, kalo dulu orang tua kita sering mengatakan taktik, jadi sangat tidak beralasan bila kami memilih H Mukhlis sebagai ketua DKA untuk periode yang kedua berkaitan dengan politik, fakta membuktikan bahwa selama kepemimpinan Haji Mukhlis sangat menggembirakan dengan berkembangnya seni budaya di Bireuen”, ungkapnya.

Tambah Saifuddin, kedepan kami mengharapkan peran pemerintah dalam memperhatikan para seniman yang ada di Kabupaten Bireuen supaya, dapat diberdayakan para Seniman didalam pemerintahan Kabupaten Bireuen.(Riski M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *