Amerika Serikat telah setuju untuk memasok Indonesia dengan peralatan medis, termasuk ventilator, untuk pertempurannya dengan COVID-19, menyusul panggilan telepon antara Presiden Joko Widodo dan rekaman dari AS Donald Trump.

Trump tweeted pada Jumat malam waktu Jakarta bahwa ia telah berbicara dengan Jokowi – yang ia sebut “teman saya” – tentang kemungkinan kerjasama antara Indonesia dan AS mengenai pasokan medis.

“Baru saja berbicara dengan teman saya, Presiden Joko Widodo dari Republik Indonesia. Meminta Ventilator, yang akan kami sediakan, ”presiden AS men tweet.

Jakarta mengkonfirmasi bahwa panggilan telepon terjadi, dengan kedua pemimpin membahas penanganan wabah COVID-19, termasuk kurangnya pasokan medis Indonesia, seperti peralatan pelindung diri dan masker wajah.

“Presiden Trump berbicara tentang upaya negaranya untuk memproduksi ventilator dan mengatakan dia akan mengirim peralatan ke Indonesia setelah siap. Kerja sama ini akan diawasi oleh tim masing-masing negara, ”baca pernyataan yang dikeluarkan oleh biro pers Istana Negara pada hari Sabtu.

Jokowi dan Trump juga sepakat untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan perdagangan untuk membantu memulihkan ekonomi global.

“Indonesia adalah negara penting bagi AS. Kita harus menjaga kerja sama ini, ”kata Trump, seperti dikutip oleh biro pers.