Menyelamatkan margasatwa: Penjaga hutan menemukan ratusan perangkap di kawasan hutan di Riau

Pokerqq

Personil Badan Konservasi Sumber Daya Alam Riau (BKSDA) telah menemukan ratusan perangkap yang diduga dibuat oleh pemburu liar di sekitar beberapa kawasan konservasi di provinsi ini.

Pada hari Rabu, tim dari agensi telah berhasil membongkar 170 jebakan sejak operasi dimulai pada 25 November.

Kepala BKSDA Riau Suharyono mengatakan para pemburu dan penduduk lokal sering memasang perangkap untuk menangkap hewan liar, terutama karena banyak penduduk setempat menganggap hewan liar sebagai hama.

Suharyono mengatakan mereka menyita jebakan “untuk mengurangi kematian hewan liar serta untuk mencegah perburuan ilegal satwa liar yang dilindungi.”

Delapan tim dikirim untuk melakukan pembersihan di sekitar hutan dan kawasan konservasi. Operasi itu dilakukan di empat kabupaten, yaitu Pelalawan, Indragiri Hulu, Bengkalis dan Siak.

“Kami berhasil menemukan semua perangkap dalam waktu dua minggu. Tim Empat menangkap paling banyak perangkap, setelah menemukan 36,” kata Suharyono, menambahkan bahwa Tim Empat melakukan operasi mereka di lanskap Giam Siak Selatan di distrik Sungai Mandau di Siak.

“Melalui operasi ini kami juga belajar bahwa ada banyak variasi perangkap baru. Sebagian besar perangkap terbuat dari nilon dan kawat,” katanya.

Menurut data BKSDA Riau, 11 hewan liar – termasuk empat gajah liar, tiga harimau Sumatra, dua beruang dan dua tapir – telah terbunuh atau terluka oleh perangkap, yang sebelumnya didirikan di beberapa suaka margasatwa, termasuk Giam Siak Kecil , Taman Nasional Kerumutan dan Zamrud.

“Kematian hewan liar di Riau sebagian besar disebabkan oleh perburuan ilegal atau konflik dengan manusia. Salah satu metode perburuan yang paling populer adalah dengan memasang perangkap,” katanya.

“Beberapa pelaku telah ditangkap, dan mereka mengatakan mereka memasang perangkap untuk menangkap babi hutan,” tambah Suharyono.

Namun, sebagian besar hewan yang ditangkap oleh perangkap adalah binatang yang dilindungi. Lebih jauh, Suharyono mengatakan timnya telah menemukan seekor kera ekor panjang yang terperangkap di salah satu perangkap.

Pokerqq

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*