Mantan ajudan Jokowi diangkat menjadi kepala detektif

Pokerqq

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis telah menunjuk mantan ajudan Presiden “Jokowi” Widodo, Insp. Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sebagai kepala detektif untuk memimpin Bareskrim, Departemen Investigasi Kriminal.

Menurut sebuah telegram yang dikeluarkan oleh Kepolisian Nasional pada hari Jumat, Listyo menggantikan Idham, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Bareskrim sebelum dilantik untuk memimpin Kepolisian Nasional bulan lalu.

Sebelum diangkat sebagai detektif top di indonesia, Listyo ─ lulusan akademi kepolisian tahun 1991 ─ menjabat sebagai kepala divisi urusan dalam negeri Kepolisian Nasional.

Sepanjang karirnya, ia telah melayani di sejumlah posisi, termasuk sebagai kepala polisi di Pati, Sukoharjo dan Surakarta, semua di Jawa Tengah. Dia juga memimpin divisi unit kejahatan umum Kepolisian Sulawesi Tenggara pada tahun 2013.

Dia diangkat sebagai ajudan Jokowi pada 2014 ─ posisi yang dipegang Listyo selama dua tahun ─ setelah mantan walikota Surakarta memenangkan pemilihan presiden 2014. Dia kemudian dipromosikan pada tahun 2016 menjadi Kapolda Banten.

Listyo diperkirakan akan melanjutkan penyelidikan atas serangan asam yang belum terpecahkan pada penyelidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Setelah pelantikannya sebagai kepala Kepolisian Nasional pada November 1, Idham telah mengatakan bahwa penggantinya di Bareskrim akan ditugaskan meneruskan penyelidikan ke dalam kasus Novel ─ yang masih diselimuti misteri meskipun telah diselidiki selama berbulan-bulan oleh tim pencari fakta yang sebelumnya dipimpin oleh Idham sendiri.

Wakil ketua KPK Laode M. Syarif mengatakan dalam menanggapi pengangkatan Listyo bahwa ia berharap kepala detektif yang baru akan dapat membantu badan antigraft untuk menemukan penyerang Novel.

“Kami ingin mengucapkan selamat kepada Listyo atas posisi barunya. Semoga kerja sama antara KPK dan Kepolisian Nasional akan membaik di bawah kepemimpinannya, “kata Laode, Jumat.

Pokerqq

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*