Seorang pasien di Medan, Sumatera Utara, dilaporkan telah menguji COVID-19 lagi setelah satu bulan pemulihan.

Ori Kurniawan adalah orang pertama yang diketahui telah terinfeksi ulang di Sumatera Utara dan sekarang diisolasi di sebuah rumah sakit di Medan.

Ori, 25, yang bekerja sebagai pembantu wakil gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, telah pulih dari COVID-19 sebelum dinyatakan positif untuk kedua kalinya pada hari Senin setelah menjalani tes swab di Rumah Sakit Adam Malik di Medan.

Sumatera Utara COVID-19 juru bicara satuan tugas respon cepat Aris Yudhariasyah mengatakan itu adalah infeksi ulang pertama di provinsi tersebut.

“[Dia] adalah pasien COVID-19 pertama [di Sumatera Utara] yang mengalami reaktivasi dan infeksi ulang [virus], tetapi di mana ia terinfeksi ulang masih belum jelas,” kata Aris kepada The Jakarta Post, Selasa.

Menurut Aris, sejak Ori akhirnya dinyatakan negatif bulan lalu, dia tidak mengasingkan diri tetapi pergi ke kampung halamannya di Kabupaten Bireun, Aceh.

Aris mengatakan pria itu diduga bertemu dengan rekan-rekannya ketika dia berada di rumah.

“Saat ini, Badan Kesehatan Bireun sedang melacak orang-orang yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien ini. Mereka masih melakukan pelacakan, “kata Aris.

Ori dinyatakan telah pulih dari COVID-19 oleh dokter di Rumah Sakit Adam Malik di Medan pada 6 April setelah menjalani isolasi sejak 25 Maret. Dia diyakini tertular virus saat bertugas, menemani Musa Rajekshah dalam perjalanan resminya ke Jakarta.

Setelah dinyatakan terinfeksi ulang, Ori dirawat di rumah sakit di Rumah Sakit Martha Friska di Medan.